Kamis, 11 Agustus 2016

Mau Melahirkan Normal Sudah Lewat Waktu, Perhatikan Ini !

Banyak ibu hamil yang ingin tetap melahirkan normal walaupun tanggal perkiraan lahirnya sudah lewat.

Dari pengalaman penulis, kebanyakan orang sudah mengetahui persalinan tetap bisa berlangsung dengan baik, tapi ada juga yang bermasalah.

Yang sering jadi pertanyaan bagi sebagian besar mereka adalah, apakah bayi saya lahirnya akan bermasalah atau tidak saat lahir, bagaimana air ketubannya, masih bisa nggak ditunggu lagi apabila masih belum ada mules2 dan lain sebagainya.

Saya akan menjelaskan pada artikel ini berdasarkan ilmu yang saya pelajari dan pengalaman saya selama 8 tahun sebagai dokter kandungan di rumah sakit.

Pertama saya ingin jelaskan bahwa jarang sekali ibu hamil melahirkan normal tepat pada tanggal perkiraan, makanya disebut HPL atau hari perkiraan lahir, bukan hari tepat lahir. Justru kebanyakan lahir sebelum tanggal perkiraan.

Nah....Sebelum membahas apa saja yang perlu diperhatikan pada kehamilan lewat waktu, kita akan membahas apa sih yang terjadi pada kondisi kehamilan yang sudah lewat waktu perkiraan dan juga sekaligus membahas apa saja yang perlu diperhatikan.

Berarti ini yang kedua ya. Pada kehamilan lewat waktu, fungsi plasenta ( ari-ari ) sudah menurun, tidak lagi sama seperti hamil yang belum lewat waktunya. Kondisi ini seperti orang yang sudah berumur dimana organ-organ dalam tubuhnya sudah mengalami penurunan fungsi, sehingga yang terjadi adalah aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke bayi akan berkurang. Pada kondisi ini kita harus memantau keadaan plasenta dan aliran darah tali pusat ke bayi dan itu hanya bisa dilakukan dengan pemeriksaan ultrasonografi ( USG  ).

Kemudian juga saat hamil lewat waktu, jumlah air ketuban sudah berkurang banyak, malahan kadang-kadang ada yang tinggal sedikit sekali. Kenapa begitu ? Karena makin tua kehamilan maka produksi cairan ketuban akan semakin sedikit, maka jumlah air ketuban ini harus terpantau. Lagi-lagi pemantauan dilakukan dengan pemeriksaan USG.

Kemudian apa lagi ? Kondisi jantung. Sebenarnya jantung itu sendiri tidak bermasalah tapi kondisi jantung ini dihubungkan dengan aliran darah yang mengalir ke jantung bayi, adanya tali pusat yang terjepit pada kondisi air ketuban habis, untuk menilai fungsi ari-ari. Semua itu hanya bisa dilihat melalui USG.

Akhir kata pemantauan kehamilan lewat waktu sangatlah penting dan itu bisa dilakukan dengan pemeriksaan ultrasonografi. Pemantauan sederhana kondisi janin dapat dilakukan dengan cara ini : hitung gerakan janin dimana janin yang sehat akan melakukan gerakan sebanyak minimal 10 kali dalan 12 jam.

Rumah sakit karang tengah medika pada saat ini membuat program promo USG 4 dimensi dengan harga Rp 250.000,-. Informasinya disini http://bit.ly/2bmfslr

Juga paket melahirkan yang sangat lengkap dengan harga Rp 3.500.000,- . Informasinya disini http://bit.ly/2aNre6g

Dan juga paket cesar yang sangat lengkap dengan harga Rp 6.800.000,-. Informasinya disini http://bit.ly/2b0Kmij

Tidak ada komentar:

Posting Komentar