Minggu, 21 Agustus 2016

Melahirkan Cesar Ataupun Normal Dengan Kondisi Bayi Kecil

Melahirkan Cesar maupun melahirkan normal dimana berat badan bayinya kecil akan menjadi masalah bagi si bayi baik untuk saat itu maupun saat yang akan datang.

Maka penting untuk memperhatikan keadaan ini jika menghadapi kondisi seperti tersebut diatas.


Mengapa bayi lahir sebelum bulannya ?

Banyak dijumpai hitungan umur kehamilan belum cukup bulan tapi bayi sudah harus dilahirkan. Kondisi tersebut mengharuskan orangtua mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Selain biaya juga harus diperhatikan juga bagaimana perawatan untuk si bayi kecil, kondisi kesehatan si bayi terutama untuk ke depannya dan masih banyak lagi.

Dengan segala kesulitan dan banyaknya resiko yang harus dihadapai bayi-bayi kecil maka orang tua harus benar-benar peduli tentang kondisi ini.
Oleh karena itu kita sebaiknya mengetahui mengapa kok ada bayi-bayi yang lahir sebelum waktunya. Hitungan untuk cukup bulan adalah mulai 37 minggu sampai dengan umur kehamilan 40 minggu. Dibawah 37 minggu disebut hamil kurang bulan dan diatas 40 minggu disebut hamil lebih bulan.

Keadaan berikut dapat menyebabkan bayi lahir sebelum waktunya:
a. Kondisi ibu:
- Preeklampsia berat
- Eklampsia
- Gagal ginjal
- Penyakit jantung
- Asthma
- Tuberculosis paru
- Kelelahan
- Stress
- Infeksi 
- Adanya benturan

b. Kondisi janin dan lainya
- Kehamilan kembar
- Ketuban pecah sebelum bulannya
- Incompetency cervik ( jaringan di leher rahim lemah )
- Kondisi perdarahan yang mengharuskan bayi segera dilahirkan
- Kontraksi teratur yang tidak dapat diatasi
- Hubungan badan yang menyebabkan ketuban pecah atau memicu kontraksi rahim

Setelah mengetahui hal tersebut diatas, maka perlu untuk menghindari atau mencegah keadaan tersebut bila memungkinkan. Bila tidak memungkinkan maka langkah selanjutnya adalah mencari pertolongan dari dokter kandungan untuk usaha mencegah ataupun mengatasi keadaan tersebut. 
Juga mencari rumah sakit yang menyediakan fasilitas penanganan bayi-bayi kecil termasuk disini tim dokter anak dan perawat yang terlatih menangani keadaan tersebut.


Fasilitas apa saja yang diperlukan untuk penanganan bayi kecil ?

Penanganan bayi kecil berbeda dengan dengan bayi yang lahirnya cukup bulan dan berat badannya cukup. Mereka memerlukan ruangan khusus yang disebut NICU ( neonatal intensive care unit ), inkubator, ventilator khusus bayi, CPAP ( continuous positive airway pressure ), tim dokter anak dan perawat khusus yang terlatih.

Masalahnya tidak semua rumah sakit menyediakan fasilitas yang lengkap untuk penanganan bayi-bayi kecil. Penyebabnya adalah karena selain membutuhkan biaya yang besar untuk menyediakan segala fasilitas tersebut juga membutuhkan kesiapan tenaga dokter dan perawat yang terlatih di bidangnya.


Rumah sakit mana yang mampu menangani bayi dengan berat lahir < 2500 gram dan usia kehamilan < 37 minggu ?

Rumah sakit Karang Tengah Medika mempunyai fasilitas untuk penanganan bayi-bayi yang bermasalah, baik yang berat lahirnya < 2500 gram maupun yang usia kehamilanya belum mencapai 37 minggu.  Berikut fasilitas yang tersedia di rumah sakit Karang Tengah Medika untuk penanganan bayi-bayi bermasalah tersebut.



Ruangan NICU dengan inkubator







Perawat yang terlatih, siaga 24 jam.
Ventilator yang siap pakai








Gambar alat bantu CPAP


Rumah sakit karang tengah medika jl karyawan 4 karang tengah ciledug tangerang 15157
telpon 021-7338099
WA 081904558776





2 komentar:

  1. Cpapnya masih alat lama blm yg baru, kyk gitu bikin nyiksa bayinya krn ga nyaman. Ruangannya sepertinya kecil/sempit jd susah buat tindakan.
    Trs kata2 rs mana yg bisa menangani <2500gr dan <37mgg, hampir rata2 tiap rs yg ada nicunya bs menangani. Dikatakan nicunya bagus kalau angka kematian pada asfiksia rendah, dan bayi prematur <1000gr bs terselamatkan dan bagus pada bagian mata tdk ada rop

    BalasHapus
  2. Cpapnya masih alat lama blm yg baru, kyk gitu bikin nyiksa bayinya krn ga nyaman. Ruangannya sepertinya kecil/sempit jd susah buat tindakan.
    Trs kata2 rs mana yg bisa menangani <2500gr dan <37mgg, hampir rata2 tiap rs yg ada nicunya bs menangani. Dikatakan nicunya bagus kalau angka kematian pada asfiksia rendah, dan bayi prematur <1000gr bs terselamatkan dan bagus pada bagian mata tdk ada rop

    BalasHapus